Sunday, October 8, 2017

10 perintah etika di komputer

  1. Tidak menggunakan komputer untuk membahayakan orang lain.
    Dalam menggunakan komputer, kita tidak boleh menggunakan untuk membahayakan atau menyakiti orang lain, contohnya seperti membuat berita yang isi kontennya mengejek atau menjelek-jelekan orang.
  2. Tidak mengganggu pekerjaan komputer orang lain.
  3. Tidak melihat-lihat di dalam komputer orang lain.
    Saat kita sudah diberi izin untuk memakai komputer orang lain, kita harus tetap menjaga privasi seseorang dengan tidak melihat-lihat berkas di dalam komputer diluar dari penggunaan yang diizinkan, karena mungkin saja ada  beberapa data yang sifatnya privasi.
  4. Tidak menggunakan komputer untuk mencuri.
    Berbagai hal dapat dilakukan dengan komputer, penggunaan yang baik dapat membantu kita menyelesaikan tugas dengan cepat. Tapi jika kita menyalahgunakan komputer seperti membuat software – software yang tidak baik seperti mengambil data, membobol keamanan dan lain-lain. Hal itu akan berdampak merugikan orang lain, dan itu adalah sesuatu yang tidak boleh dilakukan.
  5. Tdak menggunakan komputer untuk membuat kebohongan.
  6. Tidak menggandakan atau memakai aplikasi berbayar yang tidak anda beli. Pembajakan software sering terjadi karena alasan kebutuhan. Software gratis adalah salah satu alternatif yang dapat digunakan atau dengan cara membeli software yang berbayar sebagai salah satu bentuk menghargai karya orang lain.
  7. TIdak menggunakan komputer orang lain tanpa izin.
    Sebelum menggunakan komputer orang lain, kita harus meminta izin kepada orang yang memilikinya.
  8. Tidak mengambil hasil intelektual orang lain.
    Tidak mengakui (klaim) hasil karya orang lain, karena kita harus menghargai usaha yang telah orang lain lakukan. Jika ingin menggunakan tulisan atau kutipan dari orang lain, sebaiknya kita mencantumkan sumber aslinya, hal itu salah satu bentuk menghargai hasil karya orang lain.
  9. Memikirkan dampak sosial dari program yang anda buat atau sistem yang dibuat.
  10. Selalu menggunakan komputer dengan menjamin pertimbangan dan rasa hormat sesama pengguna.
Reference : http://computerethicsinstitute.org/images/TheTenCommandmentsOfComputerEthics.pdf

No comments:

Post a Comment